rendiansyah.com-1

Cara Membuat Subdomain di Blogger

Cocok buat kamu yang ingin memiliki domain TLD (Top Level Domain) banyak tapi hanya memiliki satu domain TLD saja. Dan sangat pas sekali dengan tutorial kali ini membuat subdomain di satu domain TLD. Sebenarnya apa sih subdomain itu? Dan apa sih keuntungannya membuat subdomain? Baik, mungkin saya akan menjelaskan singkat saja karena saya juga sedang sibuk.


Apa Sih Subdomain itu?

Subdomain adalah ibarat seperti anak dari sang ibu yaitu domain itu sendiri. Maksudnya seperti seorang pria dan wanita jika di satukan pasti akan memiliki keturunan sampai ke anak cucu atau bisa juga dibilang seperti pohon faktor anak MTK lah (saya jadi ribet menjelaskannya). Okk, langsung aja kita ke contohnya dan cara membuatnya.

Contohnya website ini memiliki domain utama yaitu rendiansyah.com dan jika subdomain maka akan seperti ini themes.rendiansyah.com atau safelink.rendiansyah.com atau bisa juga blog.rendiansyah.com atau juga yang lainnya, intinya jika membuat subdomain akan diakhir dengan nama domain utama.


Keuntungan Menggunakan Subdomain..

Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli domain TLD lagi, walaupun punya satu domain TLD. Dan subdomain dapat digunakan secara gratis dan juga bisa membuatnya berkali-kali atau bisa dibilang banyak. Jadi bagaimana cara membuatnya? Untuk caranya ada dibawah ini, dimohon agar membacanya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.


Cara Memasang Subdomain di Blogger


Sebelum menguploadnya DNS-nya ke hosting, pertama-tama Anda harus mendapatkan CNAME record blogger Anda terlebih dahulu. Bagaimana cara mendapatkannya? Mangkannya simak artikel ini dengan teliti.

Untuk mendapatkannya pertama-tama, Anda pergi ke halaman dashboard Blogger > pilih menu Setelan > Dasar > Alamat Blog dan klik tulisan +Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda. Disini ada kolom isi dengan nama subdomain yang Anda inginkan. Contoh saya ingin menggunakan nama subdomain themes maka jika ditulis akan seperti ini, themes.alamatblogAnda.com. Jika sudah klik Simpan dan refesh halamannya.

Jika sudah di refesh, klik tulisan Edit disini Anda harus salin atau catat kedua CNAME record themes dan ghs.google.com saja.

Untuk langkah selanjutnya, Anda perlu login ke tempat pembelian domain Anda. Disini saya menggunakan hosting Domainesia jadi, jika Anda menggunakan hosting lain selain domainesia, mungkin cara mengatur kode DNS-nya sama saja. Karena yang membedakannya hanya tempat hostingnya saja.

Jika sudah login, disini kita pilih menu Domain > pilih domain Anda, disini saya menggunakan rendiansyah.com maka klik domain tersebut. Pilih Addons > pilih Manage yang DNS Zone Manager. Dan disini kita disuruh masuk Host Name, TTL, Type, dan Value. Untuk memasukkannya akan seperti dibawah ini.


Host NameTTLTypeValue
themesDefaultCNAMEghs.google.com

Jika sudah klik tombol Save Changes. Tunggu.. ini bukannya udah selesai ya, masih ada langkah terakhir yaitu mengaktifkan https. Baik, langsung saja kita kembali ke Blogger > pilih menu Setelan > Dasar, disini Anda hanya perlu mengaktifkan SSL (HTTPS) saja, dengan cara memilih Ya pada kolom Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS.

Nah, untuk sekarang Anda cuma akan menunggu proses pengalihan DNS saja. Untuk waktunya biasanya memakan waktu 1-4 jam atau bisa juga langsung selesai.

Okk, mungkin cukup sekian tutorial kali ini Cara Membuat Subdomain di Blogger. Untuk kekurangannya, saya minta maaf jika ada salah kata atau kurang paham bisa berkomentar dikolom komentar. Terimakasih 🙏

Previous Post Next Post

Post a Comment

1. Parse terlebih dahulu jika ingin memasukan kode (HTML, CSS, JS, DLL).
2. Gunakan <em>...</em>, untuk menampilkan kode Panjang-Pendek atau URL.
3. Dilarang memasukkan link aktif.